London – Laga yang bisa menentukan siapa peraih gelar juara Liga Inggris musim ini akan dipimpin oleh wasit yang selama ini dituding jadi fans Manchester United. Di Old Trafford, Howard Webb akan mewasiti MU vs Chelsea.

Kabar Webb akan memimpin laga MU vs Chelsea sudah berhembus sejak beberapa hari lalu. Namun baru Selasa (3/5/2011) kemarin waktu setempat Mike Riley dari Professional Game Match Officials (PGMOL) menetapkan wasit kelahiran 14 Juli 1971 itu sebagai pemimpin laga. Demikian dikutip dari The Sun.

Penunjukkan Webb bisa jadi akan memunculkan kontroversi. Wasit berkepala plontos tersebut sudah lama dicap sebagai fans MU terkait beberapa keputusan yang dianggap sangat menguntungkan The Red Devils.

Momen terakhir di mana Webb dianggap memberi keuntungan buat anak didik Sir Alex Ferguson adalah saat laga kontra Livepool di ajang Piala FA, Januari lalu. Karena keputusan-keputusan yang dianggap berat sebelah, Ryan Babel bahkan sampai mempublikasi foto olahan di mana Webb menggunakan jersey MU pada akun Twitternya.

Dalam empat pertandingan terakhir MU di Old Trafford yang dipimpin Webb, tuan rumah mendapat tiga hadiah penalti. Ryan Giggs cs juga memenangi tujuh laga kandang terakhirnya jika Webb ditunjuk sebagai wasit.

Memulai profesi sebagai wasit di tahun 1993, Webb mendapat lisensi wasit internasional pada tahun 2005. Beberapa laga penring yang dia pimpin sebelumya adalah final Pial FA tahun 2006 dan 2009, final Piala Liga Inggris tahun 2007, final Liga Champions musim 2009/2010 dan yang terbesar tentu saja final Piala Dunia 2010.

Untuk laga di Old Trafford, Minggu (8/4/2011) mendatang Webb akan dibantu dua hakim garis yang juga mendampinginya di Piala Dunia 2010 lalu yakni Darren Cann and Mike Mullarkey.

MU saat ini duduk di posisi teratas klasemen Liga Inggris dengan poin 73, sementara Chelsea menguntit di belakangnya dengan 70 angka dimiliki. Premier League sendiri akan memasuki laga ke-36 sepanjang akhir pekan ini.